empat mata

hari gene, sapa seh yg ga tau empat mata. talk show dengan jargon ‘kembali ke lap…TOOOOP!’ yg dibawakan oleh tukul arwana. 1-2 bulan terakhir, empat mata melesat dan menjadi talk show paling ngetop bahkan meninggalkan acara2 serupa yg sudah berumur plus host yg lebih good looking, lebih high class dan lebih berwawasan.

ada ada dengan empat mata? apanya yg bagus hingga penonton lebih suka ’empat mata’ ktimbang ‘ceriwis yo wis’, ‘om farhan’ ato ‘dorce show’?

ok, mari kita cerita dari awal.

gw bisa dibilang mengikuti empat mata sejak mulai tayang. kebetulan gw adalah salah satu korban dari program ‘dobel bioskop trans tv’ (yo trans tv, maju terus! bgini dong, tayangin pilm2 yg mutu, stop sinetron, please!) jadi kalo pas lagi iklan gw ubek2 semua channel en gw nemu ’empat mata’.

konsep ’empat mata’ di awal2 tayang cukup sederhana: talk show dengan bintang tamu seleb, diutamakan cewe bohai en tentu aja berani pake rok mini 20cm diatas lutut, ato belahan dada yg.. argh… :p tukul dipilih sebage host mungkin dengan pertimbangan pelawak umumnya bisa bertindak sebage ‘penawar racun’ bagi omongan2 vulgar.

yeah baby, gw seh ga nolak liat2 paha mulus ato belahan dada tengah malem, sambil nunggu bioskop gw diputar kembali di trans tv. namum seiring waktu, para pemirsa termasuk gw, mulai menyadari kalo daya tarik acara ini ga sekedar bodi semox ama omongan jorok, tapi host-nya sendiri emang unik, fresh dan segar (emang sayur). empat mata itu simple en easy, apa adanya, ringan, ga muluk2 dan tentu saja.. LUCU! cukup mengherankan mengingat tukul ga pernah lucu kalo rame2. ntah itu dgn srimulat, komeng, patrio, so on.

sejak itu ’empat mata’ jadi acara favorit gw. kalo bioskop lagi crap, ada ’empat mata’ 😀 dan ini bukan berita baek, secara program tidur sehat gw jadi berantakan *cieleh

tapi ga semua orang spendapat dgn gw. banyak juga yg anggap acara ini katrock en ndeso. untuk sebuah talk show, ini emang kampungan. tapi siapa bilang ’empat mata’ itu talk show? gw melihat ’empat mata’ itu seperti ‘extravagansa’ berkedok talk show 🙂 ini comedy show! lagi pula, lo kira gampang jadi tukul? ceplas-ceplosnya itu buat gw hanya bisa ditandingi oleh komeng. masih jauh kalo kita nyebut nama indy barens, farhan ato indra bekti sekalipun.
sebulan dua bulan, ibu2 di kantor jadi sering ngomongin ’empat mata’. heh..? gw pikir cuma gw yg suka. lebih ‘heh’ lagi ketika tau hampir semua temen2 gw juga doyan. halah.., ’empat mata’ MELEDAK bo. edy sud rahmat kartolo, maksud lo..? :))

di tengah bobroknya tv2 swasta di indonesia, ada 2 statiun mendapat tempat di hati gw. pertama metro tv karena konsistensinya yg ‘SAY NO TO SINETRON’. kedua, yg skrang lagi naek daun, trans tv. sementara tv laen cenderung konservatif, trans tv dengan tenaga2 muda dan kreatif berani mendobrak dengan idealisme sebagai sebuah stasiun yg pure entertainment. kata siapa kalo idealis ga bisa ngasilin duit? makan tuh indosiar yg membodohi rakyat dengan sinetron picisan, tpi dengan dangduuuuuuuut mlulu (gw ga anti dangdut, tapi ga berarti kita harus nonton dangdut 12 jam sehari khan?), lalu rcti dan antv yg visinya plin plan.

sctv? buat gw pribadi, ga ada tuh namanya channel ‘satu untuk semua’. CNN, ESPN, HBO, MTV, Discovery dan bbrapa contoh yg sudah mendunia, ga satu pun memakai konsep ‘satu untuk semua’. Ini masalah spesialisasi target pasar yg jelas. mau nonton olahraga, pencet ESPN. mau musik, tongkrongin MTV. mau gaya biar dibilang pinter ma bokin, plototin Discovery Channel. ‘satu untuk semua’?

Jgn dikira rakyat kita pada bodo2 semua. Udah banyak kok ibu2 yg mulai merasa ‘ditipu’ sinetron. bahkan mbah nya temen gw dah bisa bilang sinetron itu membosankan en ‘ga ada isinya’.

last words, untunglah tv7 dibeli trans tv. karena kalo dibeli tpi (bgemana mungkiiinnn… membaca saja mereka sulit), maka acara ’empat mata’ akan diganti dengan ‘2 jam bersama bang haji’

Loading

0 thoughts on “empat mata”

  1. bagi saya empat mata hebat memang seh bisa dibilang bukan kategory talk show . lebih enaknya talk show humoria….. kagum berat ama tukul ternyata dia wong ndeso yg katrox tapi tapi pengetahuanhyaboleh juga tuh saya orang yg demen banget humor jadi klop banget deh kalau liat empat mata daripada liat or dengerin pidato pemerintah yang cuma bikin stress n teory donk asyikan liat empat mata . ga salah kalau tukul suka gembor gemborin hidup itu yang penting praktek ! setuju banget dong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *