faq adsense for dummies

Gw coba memberanikan diri menulis sedikit tentang salah satu program online earning paling populer saat ini: Google Adsense. Ditulis dalam bentuk FAQ (singkatan dari gw nanya, gw juga yg jawab), sekedar sharing pengalaman bagi yang belum tau atau baru mencoba. Buat para master adsense yg kebetulan baca artikel ini, silahkan dikoreksi ato ditambahin.

Apa itu adsense?
Google adsense adalah salah satu program advertising dari google. Konsepnya secara kasar adalah memberi kesempatan kepada kita para pemilik website untuk memasang iklan yg diberikan google dimana pemilik website akan mendapatkan penghasilan setiap kali iklan ini di-KLIK oleh pengunjung website.

Maksud lo?
Bgini, dodol. Anggep kamu punya sebuah website. Daripada hanya menjadi sebuah website hobby, kamu bisa manfaatkan ruang2 kosong di website kamu untuk dipasangi iklan dan dapet duit. Step pertama, kamu daftar untuk ikutan Google Adsense. Setelah melewati proses verifikasi, kamu akan punya sebuah account layaknya kamu punya account yahoo mail ato friendster. Login ke account kamu dan dapatkan kode adsense yg bisa di copy-paste ke ruang kosong di website kamu. Tarraaa… sekrang website kamu akan otomatis menampilkan iklan dari google. Tugasmu berikutnya adalah mencari cara agar pengunjung website mau klik iklan tersebut, karena dalam dunia adsense, KLIK = DAPET DUIT.

Wah, gampang sekali. Bgemana kalo gw ikut adsense dan klik iklan gw sendiri 100 kali sehari?
GA BOLEH. Salah satu larangan utama dalam TOS (terms of service) adsense adalah meng-klik iklan sendiri.

Emang google bisa tau kita klik iklan sendiri?
Percaya ato tidak, google bisa tau kok :p

Apa akibatnya kalo kita melanggar TOS?
Account kamu akan di-banned, artinya kamu ga bisa pasang iklan lagi, yg berarti juga, kamu lupakan mimpi kamu untuk dapet duit.

Apa saja larangan utama laennya?
Kalo mau detail silahkan baca TOS dengan teliti. Tapi secara umum, iklan tidak boleh dipasang pada situs2 yg masuk kategori illegal (adult site, warez, hack/crack, software/produk bajakan, website tentang SARA dsb).

Jadi adsense bisa dipasang pada situs apa saja, yg penting legal?

Ga juga. Google memiliki listing daftar bahasa yg di support adsense, dan sialnya bahasa kesayangan kita Bahasa Indonesia belum termasuk dalam list. Artinya, secara teori kamu ga bisa (ga bole) pasang adsense pada situs kamu yg berbahasa indonesia.

Kalo gw nekat pasang juga?
Selaen melanggar TOS, iklan nya juga ga bakalan nongol hehe. percuma juga khan

Lho, kok ada istilah iklan ga nongol? Kita khan pasang kode iklannya?
Mbah lupa bilang kalo kita ga bisa pilih2 iklan yg dipasang. Kode yg kita dapat itu semacam bahasa program sederhana. Yg nongol di website nanti adalah iklan acak yg ganti2 terus. Namun topik iklan akan relevan dgn isi website kita. Misalnya website kamu itu isinya tentang review hotel/villa, maka iklan yg bakal nongol ga akan jauh2 dari paket liburan.

Kalo website gw pake bahasa campur2 english-indo, iklan nya nongol ga?
Sekali lagi, keputusan apakah iklan elo bakal nongol ato ngga, sepenuhnya ada di tangan google. Makanya jangan tanya ke gw. Gw ini selebritis, bukan karyawan google.

Berapa duit yg kita dapet untuk 1 klik?
Nah, ini pertanyaan umum. Sayangnya, jawaban untuk pertanyaan ini adalah GA TENTU :p Nilai setiap klik ditentukan dari google dan ga ada rumusnya. Ada banyak faktor yg mempengaruhi nilai klik ini. Salah satu yg dipercaya para pemasang iklan adalah tema/topik iklan itu sendiri. Contoh, iklan2 tentang jual/beli property ato barang2 elektronik umumnya memiliki nilai klik yg relatif tinggi, dibandingkan misalnya dengan situs referensi. Lalu faktor geografis juga dipercaya memberi pengaruh yg cukup besar.

Walopun elo bilang “ga tentu”, tapi bisa dong sebut angka?
OK. ini pengalaman pribadi. 1 klik paling kecil itu pernah $0.01 hihi. Paling gede, 1 klik pernah $6. puas? puas?

Emang program ini sbgitunya worthed-nya sampe perlu lo bahas disini?
Worthy ato ga itu relatif (beh, ngeles paling klasik ne). Tapi gw kenal bbrapa teman yg menghasilkan at least $400/bulan dr program ini. Lalu temennya temen2 ku ini, malah sampe bisa beli suzuki swift hanya dr program ini. Kalo tingkat indonesia, ada bberapa well-known-adsense-seleb yg penghasilannya udah 4 digit USD per bulan.

Ngeliat gelagatnya, yg buat FAQ ini pasti ikutan adsense yak? Brapa penghasilan lo sebulan?
Kalo gw ga ikutan, lo kira gw cukup pe-de nulis disini? soal penghasilan, no comment :p

Kalo emang program ini bgitu menggiurkan, knapa sedikit bgt yg ikut?
Kata siapa sedikit? Gw berani kasi itungan kasar, 30%-40% para pemilik website ikutan program ini. Lo aja kali yg kuper? wek!

OK, OK. Let’s say gw ikutan adsense dan sukses. Kapan dan bagemana gw bakal dibayar?
Earning lo dari setiap klik akan terus diakumulasi dan baru akan “dicairkan” setelah duitmu mencapai angka $100. Kalo dalam sebulan belum $100, akan diakumulasikan ke bulan berikutnya (udah kaya iklan telkomsel aja neh gw). Pembayaran dalam bentuk check/bank draft yang dikirimkan langsung ke rumah kamu via pos ato DHL.

Trus cek nya tuker kmana?
Cara paling umum adalah tuker ke bank yg mengeluarkan cek itu. Umumnya citibank.

Bagi ygmasih ada pertanyaan, silahkan komen. Gw akan coba jawab sebisanya Wink

0 thoughts on “faq adsense for dummies”

  1. wew… kok elu yg ngomong..
    gw kira bakalan si seceng itu yg bakalan bocor..

    anyway, good one.. ilmu memang utk dibagi..

  2. kan tanggal 20 lebaran idul adha, trus tanggal 22 kemaren hari Ibu, trus tanggal 25 juga libur natal, trus tanggal 1 januari 2008 taon baru..

    hashashashas

  3. Siyal.., aku coba pasang di situsku, yang diperbolehkan di situs berbahasa Indonesia cuma pasang google search adsense, dapat hasil kalau ada yang pakai search google di situs kita, itupun baru dapat duit kalau iklan yang kepasang di halaman hasil pencarian di klik. Semisal aku bikin situs baru berbahasa Inggris, perlukah ssaya bikin akun lagi? karena pas pendaftaran.. field bahasa harus diisi terlebih dahulu…

  4. Bli, saya kemaren dah di-approve google adsense waktu aplikasi pake blog di blogspot, tapi pas saya pasang kode di blog saya ne baru (wordpress) kok ga nongol2 ya iklannya? apa perlu apply lagi yg baru klo punya web/blog baru?

  5. @butek
    ga perlu apply acc. baru, yg penting webnya english kl bs yg niche biar lbh spesifik. jgn sampe traffic kebanyakan dr indo, bos asn mungkin bs jawab 😀

  6. @butek > kalo webnya bhs indo emang kcil kemungkinan ad-nya nongol, krna bhsa kesayangan kita ini belum officially supported by adsense. nah kalo mau tanya2 yg advance, narakrisna ini adalah real life adsense seleb 😉

    @ROE > eh..? mana gw tai? emang kita karyawan blogspot wkakakak

    @wangsa> aduhh.. font yg gw pake kurang gede yak? hihih

  7. hmmm pas banget nih topiknya, saya juga baru nyoba daftar adsense nih mbah, dan sudah berhasil di aprove dan sudah bisa munculin iklan-nya. Sekarang tinggal nunggu orang mau buka web itu dan meng-klik iklannya.

    asn : “trus kmu komen mau nanya apa?”
    saya : “nggak ada sih mbah, mau cerita aja, hahahaha”

    nanti deh kalau ada yang ga jelas saya tanyakan di pertemuan berikutnya 😀
    *kuliah mode on

  8. emang mbah google itu mbah kita2, gue nggak suka ama mbah google, soalnya suka dikte gue sekalian para cucunya. emangnya mbah google aja yang punya duit. banyak skali nyang mao kasih duwit ama kita2. dhasar paman gober…eh google. emangnya gue mata dhuwitan?. mirip ya dengan paman gober..he..he
    gimane tanggapan loe broer.

  9. hallo omm,selamat siang.
    saya ada beberapa hal yg masih bingung nech.
    1.kalau account kita di banned,bisa di aktifin lagi gak?
    2.bisa gk daftar lagi dengan data yang sama?
    3.bagaimana cara pasang 1 account adsense di banyak web ?.
    makasih atas jawabnya.

    quote: webnya manis.

  10. sudah ada nih blog bahasa inggris, skrg sih sedang nunggu dari pihak googlenya.

    moga2 aja keterima, ya sapa tau bs tuk cari duit sungguhan dengan nekunin adsense.

Leave a Reply