13 film terbaik (versi asn)

13 spy game (brad pitt, robert redford)
ada bgitu banyak film tentang spy, agen CIA etc, tapi kebanyakan hanya membahas kalo mereka jago berkelahi, playboy cap duren dan slalu lolos ala Mac Gyver. Spy Game berbeda karena menyorot sisi emosional dari seorang agen. agen juga manusia, punya nurani dan bisa jatuh cinta gitu loh

12 spiderman 2 (tobey maguire) & resident evil: apocalypse (milla jovovich)
sebenernya, overall kedua pilm ini ga terlalu istimewa. bisa masuk listing ini karena gw anggep bisa mewakili genre game/comic. dan peter parker + alice adalah yg terbaik di kelasnya 😀

11 jurassic park (sam neill)
revolusi visual efek. sebelum ini, sangat jarang pilm yg mengumbar visual efek. selaen mahal, faktor ini juga dianggap kurang penting, baek dari kacamata seni ato pun komersil. dan jurassic park mampu membuktikan bahwa visual efek berbujet ratusan juta USD, bisa berbuah untung milyaran USD hehe

10 ocean’s eleven (george clooney, brad pitt, julia roberts)
ga rugi bertabur bintang. sedikit ribet, tapi yg penting ‘berhasil’ 😀

9 gladiator (russell crowe)
film dgn latar belakang sejarah terbaik versi gw. russel crow emang keren. setting nya keren. kostumnya keren. apa lagi?

8 sin city (jessica alba & bruce willis) & kill bill vol. 1 (uma thurman)
keduanya adalah wakil dari kategori nyeleneh. sin city dengan gambar hitam putih dan 1 warna exception (merah) ala schindler’s list. narasinya ok, mendekati fight club. gado2 dari pilm2 hebat neh. sementara kill bill adalah action barat-oriental yg seharusnya umum, tapi diolah menjadi grunge dan alternative, plus darah dmana-mana. quentin tarantino gitu loh.

7 a beautiful mind (russell crowe)
diadaptasi dari kisah nyata john nash, jenius yg saking pinternya malah jadi setengah gila. bagian terhebat dari pilm ini adalah pesan moralnya.

6 forest gump (tom hanks)
kisah hidup unik yang divisualisasikan juga dgn cara unik. walopun sdikit berbeda dgn novelnya, tapi versi pilm tetap nyangkut di hati. menonton forest gump membuat kita merenung tentang hidup.

5 fight club (brad pitt & edward norton)
walopun anjlok secara komersil, tapi buat gw pribadi ini adalah pilm yg dashyat. extreme, berani dan keluar jalur. bagian yg paling hebat adalah, pilm ini sudah bagus hanya bermodal brad pitt dan edward norton saja.

4 snatch (jason statham, brad pitt)
pilm ini aslinya ga lucu. tapi sumpah, gw ketawa sampe berguling2 ala smiley YM. nyeleneh, tapi hebat. serabutan tapi keren abis!

3 the usual suspect (kevin spacey, benicio del toro) & sixth sense (bruce willis)
2 pilm dengan kejutan terhebat! alurnya perfect. semua actor mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

2 schindler’s list (liam neeson)
3,5 jam dgn suasana perang yg realistis. hitam putih kecuali sebuah warna merah untuk pakaian seorang gadis kecil. karya terbaik spielberg yg kalo ga salah, dilarang beredar di bioskop indo. sayang sekali..

1 the matrix (keanu reeves)
walopun reloaded dan revolution (mungkin) lebih hebat dalam visual efek, tapi yg terbaik dari trilogy tetaplah The Matrix. mengguncang dunia dgn teknik super slow motion, bullet time dll. ditambah dgn ide cerita yg nyeleneh dan dibuat oleh 2 orang sutradara yg juga nyeleneh. The Matrix adalah sebuah revolusi. boleh dihitung ada berapa pilm yg memakai slow motion dan bullet effect setelah era the matrix.

nominasi yg terpaksa ga masuk list, karena jatahnya cuma 13 😀
the green mile (tom hanks)
traffic (benicio del toro, cath zeta jones)
cast away (tom hanks)
monster inc (animasi)
dances with wolves (kevin costner)
perfect storm (george clooney, mark wahlberg)

special movie:
the family man (nicholas cage)
kayanya jarang yg tau ni pilm. bercerita ttg pengusaha sukses kaya raya yg merasa ga perlu apa2 termasuk cinta (ah.. klasik!) sampe kemudian sang pengusaha mendapat pengalaman unik ketika harus menjalani kehidupan yg jauh berbeda. miskin, beranak-istri dan punya beban hidup. bisa ditebak, pada akhirnya sang pengusaha pun jatuh cinta. skali lagi, klasik. tapi ini pilm terbaik yg mampu membawakan tema klasik menjadi indah dan menyentuh. cobain deh..

kalo ada yg bertanya: ini khusus pilm barat?
jawabnya NO. ini dipilih dari koleksi vcd & dvd (bajakan) gw yg terdiri dari pilm seri, mandarin, indonesia, korea dan jepang. menyesal skali ga bisa memasukkan satu pun pilm hasil karya anak bangsa ke dlaam list 🙁

don’t worry, berhubung gw adalah penganut aliran yin-yang, keseimbangan, balance whatever, maka gw udah persiapkan top 13 worst movies, masih dgn embel2: versi asn hehe

Loading

0 thoughts on “13 film terbaik (versi asn)”

  1. yah… LOTR, seabiscuit, cinderella man, seven samurai (woot?), the godfather, la confidential, batman begins, saving private ryan, kill bill, braveheart, ransom, no mans land, pirates of the caribbean..
    kemana donk… :((

    hihihi.. biarin weee.. namanya jg protes :))

    awas aja judul2 diatas masuk ke worst list loe 😛

  2. gubbrakk…,,
    the matrixx ko no 1 ciyhh…

    LOTR kmna..? 11 oscar tuu…! stju ama archonn…!!

    band of brothers, babel, the departed, blood diamond kmnahh…??

    haduh, haduh…

    mnrt gw…yg bner tuu lists y gni…: (gag urut)

    gladiator, LOTR, blood diamond, the departed, click, the notebook, hotel rwanda, freedom writters, sound of music, pirates of the carribean, babel, jhonny Q, uptown girl…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *