Belajar Gutenberg

hari ini belajar beberapa addon populer untuk Gutenberg-nya WordPress. pilihan mayan banyak jadi rasanya perlu research sedikit sebelum memutuskan utk pake yang mana

flashback ke 2-3 bulan lalu, gw memutuskan untuk comeback stage ke dunia website setelah hampir 5 tahun pensi temporer. karena apa? ya covid lah. core bisnis gw pariwisata en bali is dying.

awal2 nyentuh website lagi, asli kaget dan kagok. dalam 5 tahun perkembangan web development, specially wordpress udah kek langit dan inti bumi. analogi yg pas mungkin seperti terakhir kali lu maen hape itu pake Nokia layar mono + kibord qwerty + OS symbian lalu hiatus 5 tahun dan ujug2 disuru pake xiaomi android 11 dengan MIUI 12.

gw menyempatkan diri berguru setengah hari ke salah satu dedengkot website aryadana yang juga sesama fellowship of the ring yang menghancurkan mordor pada tahun 2000. arya memperkenalkan gw dengan elementor, astra, beberapa addon elementor populer. juga soal crocoblock bla bla bla dst.

singkat cerita, dalam 3 bulan gw belajar elementor dan teman2nya (paling intens dengan dengan kadence dan blocksy) melakukan praktek langsung redesign beberapa website pribadi dan klien yang bersedia di redesign gratis (ya mau lah, gratis wkwk). diantaranya: PutraBali.Net, VillaPhoto.com, VillaMojo.com dan on progress sekitar 4-5 website lagi.

pelajaran berharga yang gw dapet dari redesign 3 website diatas adalah, elementor dengan segala fitur dan kehebatannya punya kelemahan yg cukup fatal: bloated source code. bloated stadium 4 klo boleh gw bilang secara hasil test speed / page load nya berada di bawah garis kemiskinan. ini bener2 seperti kryptonite nya Superman (eh btw, Snyder’s Cut not bad lah haha).

jadi gw mulai melirik gutenberg, mengikuti banyak developer yang juga merasa had-enough dengan elementor. pindah dari elementor ke gutenberg bener2 pain in the ass. sudah terbiasa enaknya elementor dengan drag dreg drop, import page layout dan voilaa.. website selesai dalam 30 menit.

pake gutenberg migren langsung kumat. bener2 ga intuitive, even utk web developer yang udah biasa gonta ganti platform. udah gitu widget dan block nya sangat sangat terbatas klo ga mau dibilang seadanya. suka tak suka akhirnya mesti install addon lagi utk nambahin widget dan block. dan jangan harap bisa menikmati lagi fungsi2 dinamis yang super easy macam CrocoBlock.

mengarungi youtube en gw terdampar di channel nya Jack Cao, the geek soal website speed optimization dan antusias utk keep digging Gutenberg instead of pake segala macam page builder yang ada.  setelah 3-4 video, gw putuskan utk buang Stackable yang selama ini gw pake dan mau coba beralih ke GetWid. demo nya cukup meyakinkan dan menjanjikan.

Some thought this week:

  • Vale kasian bener, dah deh kayanya pensi aja dari MotoGP
  • Snyder’s Cut bolehlah, bagus, ga istimewa sih, tapi dibilang jelek ya gak juga
  • Godzilla vs Kong: bagus banget, dengan ketentuan lu ignore semua scene yg ada manusianya dan ignore juga cerita nya wkwk

Note
buat yang bingung dengan segala macam istilah2 yang gw pake dalam tulisan diatas, selamat! anda udah membuang2 waktu percuma karena gw emang ga ada niat utk jelasin :))

Loading

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *