menjadi pintar ala asn

setelah mereview kembali bbrapa kejadian2 yg kita sebut sebagai bencana nasional selama setahun terakhir, tiba2 aja gw merasa kalo gw ini pintar. at least lebih pintar dalam hal analisis dari semua ahli2, pakar dan dedengkot yg pernah di interview di tipi.

lumpur lapindo
ketika semburan lumpur baru memasuki hari ke 3, satu2nya hal yg paling gw concern about adalah: bagaimana cara menghentikan semburannya?
aneh tapi nyata, sampai seminggu bahkan sebulan pasca semburan, berita2 di tipi ternyata melulu soal perang urat antar pejabat, saling mencari kambing hitam, lempar tanggung jawab, ribut soal siapa ato apa yg salah, so on. sama sekali ga ada pembahasan teknis. apa gw satu2nya org di indonesia yg pgn tau cara menghentikan semburan?

lalu sebulan dua bulan, setelah lumpur akhirnya melibas bberapa desa, semua orang baru ngeh soal cara menghentikan semburan. fuh..!

adam air
begitu hari ke-3 pencarian adam air tidak mendapatkan hasil, gw langsung bilang ke temen kantor kalo adam air jatuh di laut. logic nya sederhana saja. lost contact adam air ada di sekitar sulawesi arah selatan dan barat. daratan sulawesi selatan dan barat kebetulan adalah daerah2 yg ga sepi2 bgt gitu loh. malah sepanjang pantai barat ada kota2 gede berderet dari makassar sampai palu.

so, kalo tu pesawat emang jatuh di daratan sekitar situ, paling sial dalam 3 hari udah ada penduduk yg melapor ato minimal mendapat petunjuk (kaya pak harto ajah). tapi sampai hari ke 15, baru ada yg percaya ama gw. sebel.

levina tenggelam
ketika melihat rekaman ekslusif (halah..) detik2 menjelang kapal tenggelam, hal pertama yg gw pikirin adalah soal life jacket. hampir semua org di atas kapal ga pake life jacket. bahkan ketika kapal sudah miring 45 derajat, tidak ada yg berpikir untuk pake life jacket. gw pikir mereka semua ahli berendang eh.. berenang, oh ternyata tidak.

tapi lagi2, selama 2 hari sejak peristiwa itu, 12 channel tipi lokal yg bisa gw tangkep di rumah, sibuk memberitakan ini salah siapa. udah kebiasaan kali yah. baru hari ke 3 kmaren, di antv ada yg ngeh untuk ngomong soal life jacket.

mgkin karena gw orang teknis, ada apa2 slalu mikir yg teknis2 duluan. ketika liat berita levina tenggelam, pertanyaan2 yg muncul di kepala gw secara kronologis adalah:

  1. tu kapal tenggelam knapa? bocor?
    ga tau bocor ato ga, yg pasti kapal mendadak miring sampe tenggelam dengan posisi terbalik
  2. katanya wartawan dan petugas ke levina diantar dengan 3 speedboat, kenapa bisa ada korban juga? tu speddboat ngapain/kmana aja pas kejadian? nonton doang? ato supirnya lagi mancing?
    speedboat ternyata siaga semua di dekat levina, hanya ntah bgemana kejadiannya, boat2 ini ternyata ga bisa menyelamatkan semua korban.
  3. knapa seh orang2 yg naek ke levina ga pake life jacket?
    ini simpang siur. petugas yg membawa wartawan dan polisi ke sana mengaku sudah memberi briefing keselamatan, termasuk menganjurkan pake life jacket. namun salah satu wartawan yg selamat mengatakan mereka tidak pernah diberi instruksi yg jelas mengenai life jacket.

kebetulan skale, gw bekerja di perusahaan yg bergerak di bidang wisata aer. so gw mayan familiar dgn yg namanya life jacket, SOP, dan prosedur keselamatan di aer. tanpa bermaksud menyalahkan siapa2, gw cukup yakin kalo dua kata “life jacket” seharusnya bisa meng-cancel tragedi yg tidak perlu ini.

gw kok baru sadar kalo gw pintar. pintar asbun maksudnya.

Loading

0 thoughts on “menjadi pintar ala asn”

  1. om, soal levina tenggelem.
    ada yg aneh.
    kedalaman katanya cuman 16 meter.
    ada 2 puslabfor yg mati.
    they’re cops, impossible ga bisa berenang.

    options:
    – kena bentur di kepala sebelon tenggelem
    – didalam ruangan/dek dalam, pintu locked krn kesumbat lumpur, plus gelap (katanya jarak pandang diver cuman 5cm)
    – disabotase, ada assassin, kebetulan yg nemu bukti penting itu 2 org puslabfor ama wartawan terdekat
    – knp ada agen pihak ke3? mgk terkait kebakaran pertama, misi awal mo eliminate someone or some evidence carried on levina.

    gw terlalu banyak nonton cult film kali ya

  2. @archon
    muse adalah fans dari conspiracy theory, kayanya lo kena pengaruh om :p

    @lulle
    gw ga nonton titanic, karena waktu itu gw lagi sibuk di irak buat pukis
    gw juga ga update pilm hihihi 😀

  3. Levina, karena Levina adalah the GhostShip, yeah dude ‘THAT’ Ghostship. yep yep, ‘THEY’ mengejar target untuk dibawa ke neraka. Yep! I’m pretty sure about it!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *